Tata pamong adalah suatu sistem yang dapat menjadikan kepemimpinan, sistem pengelolaan dan penjaminan mutu berjalan secara efektif di dalam universitas/institusi yang mengelola program studi. Hal-hal yang menjadi fokus di dalam tata pamong termasuk bagaimana kebijakan dan strategi disusun sedemikian rupa sehingga memungkinkan terpilihnya pemimpin dan pengelola yang kredibel dan sistem penyelenggaraan program studi secara kredibel, transparan, akuntabel, bertanggung jawab dan menerapkan prinsip-prinsip demokrasi dan keadilan.

KREDIBEL

Membangun sistem tata pamong yang kredibel, diperlukan sumber daya manusia yang kompeten dibidangnya baik ditingkat struktural, dosen, maupun ditingkat staf. Untuk menjamin kredibilitas maka dosen yang memangku jabatan struktural harus memenuhi persyaratan seperti yang tercantum dalam spesifikasi jabatan. Dekan Fakultas dipilih secara demokratis oleh semua dosen dalam forum rapat pleno dosen. Dekan yang terpilih harus kredibel, dalam menjalankan tugasnya dilakukan berdasarkan pada pedoman mutu yang meliputi mulai dari sistem rekruitmen MABA, dosen, PA, sampai kepada wisuda.  Adapun masa kepemimpinan Dekan dan Wakil Dekan yaitu 4 tahun dan maksimal 2 periode

TRANSPARAN

Selama Kepemimpinannya, seorang dekan harus menjalankan tata pamong secara transparan.  Dekan harus transparansi dalam pelaporan kepada bawahan menjadi sangat penting sebagai masukan dan informasi pimpinan untuk melakukan koordinasi. Selain itu dengan keterbukaan setiap dosen fakultas Isipol mengetahui tugas, peran dan fungsi masing-masing. Kebijakan fakultas dilakukan dengan prinsip transparan, dimana kegiatan, program, anggaran dan informasi di fakultas dapat diketahui semua Civitas Akademika.

AKUNTABEL

Tata pamong juga dilakukan secara akuntabel dimana proses penyelenggaraan fakultas dipantau melalui monitoring dan evaluasi oleh badan penjaminan mutu. Kebijakan ataupun program kerja yang disusun dekan harus bersifat akuntabel atau dapat dipertanggungjawabkan serta dapat diukur keberhasilan kinerja atau pencapaiannya  berdasarkan visi, misi dan tujuan fakultas pada akhir masa jabatannya.

BERTANGGUNG JAWAB

Fakultas Isipol dipimpin oleh seorang  Dekan  yang bertanggung jawab kepada Senat Fakultas Isipol dan Rektor. Semua pejabat struktural di lingkup fakultas harus melaksanakan tugasnya dengan bertanggung jawab sesuai dengan penjabaran tugas yang ada. Setiap pejabat struktural akan dinilai oleh atasannya setiap semester dimana mencakup monitoring dan evaluasi yang dilaksanakan oleh tim penjaminan mutu universitas.

Dosen dan mahasiswa juga bertanggungjawab untuk menjaga perilakunya dalam aktifitas sehari-hari dikampus. Hal ini diatur dalam kode etik dosen dan mahasiswa. Dalam peraturan tersebut juga tercantum sangsi bagi dosen atau mahasiswa yang melakukan pelanggaran

ADIL

Dekan harus adil dalam berbagai keputusan  dan kebijakan yang diambil.  Hal ini tercermin dengan memberikan peluang yang sama bagi semua dosen di lingkup Fakultas Isipol untuk mendapatkan kesempatan peningkatan kualifikasi dan pengembangan karir, adil dalam pembagian mata kuliah yang sesuai dengan keahlian/keilmuan masing-masing dosen juga penugasan-penugasan lainnya yang berhubungan dengan Tridharma Perguruan Tinggi.