Kepemimpinan efektif mengarahkan dan mempengaruhi perilaku semua unsur dalam program studi, mengikuti nilai, norma, etika, dan budaya organisasi yang disepakati bersama, serta mampu membuat keputusan yang tepat dan cepat.

Kepemimpinan mampu memprediksi masa depan, merumuskan dan mengartikulasi visi yang realistis, kredibel, serta mengkomunikasikan visi ke depan, yang menekankan pada keharmonisan hubungan manusia dan mampu menstimulasi secara intelektual dan arif bagi anggota untuk mewujudkan visi organisasi, serta mampu memberikan arahan, tujuan, peran, dan tugas kepada seluruh unsur dalam perguruan tinggi.

A. KEPEMIMPINAN OPERASIONAL

Kepemimpinan Operasional sudah berjalan dengan baik. Untuk menjabarkan visi dan misi ke dalam kegiatan operasional, maka pimpinan fakultas telah menyusun Renstra 2014-2018. Penyususnan Renstra ini melibatkan semua Jurusan/Program Studi. Selanjutnya pimpinan fakultas Isipol Unibos setiap tahun membuat rencana kerja yang tertuang dalam Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT) yang melibatkan semua kegiatan dalam pelaksanaan tridarma perguruan tinggi guna pencapaian visi dan misi fakultas Isipol.

B. KEPEMIMPINAN ORGANISASI

Dari sisi ini, Pimpinan Fakultas Isipol Unibos memiliki karakter kepemimpinan organisasi yang kuat. Hal ini tercermin dari kemampuan Pimpinan Fakultas Isipol Unibos dalam mengarahkan dan mempengaruhi perilaku anggota organisasi dalam mewujudkan visi, menerapkan etika dan membangun budaya organisasi. Untuk ini diadakan pertemuan rutin guna membahas permasalahan dan perkembangan Universitas yang berkaitan dengan program studi di lingkup Fakultas Isipol dan dilakukan secara demokratis.

C. KEPEMIMPINAN PUBLIK

Dari aspek kepemimpinan publik, Pimpinan Fakultas Isipol Unibos juga memiliki karakter yang kuat dalam kepemimpinan publik. Kondisi ini dapat dilihat dari keterlibatan Pimpinan Fakultas Isipol Unibos dalam berbagai organisasi/masyarakat baik sebagai pengurus maupun sebagai nara sumber. Pelaksanaan aspek kepemimpinan publik telah menghasilkan pola pengembangan kerjasama yang berkaitan dengan pihak luar Fakultas Isipol. Pimpinan Fakultas Isipol bersama Program Studi melakukan kegiatan untuk mencapai tujuan kerjasama dengan pihak luar Fakultas Isipol baik di dalam negeri maupun luar negeri.