Sejarah FISIPOL

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Bosowa yang disingkat FISIP-UNIBOS semula dikenal dengan Fisipol Universitas 45 merupakan salah satu dari 8 (delapan) fakultas yang dikembangkan sejak berdirinya Universitas 45 Makassar. Universitas 45 Makassar didirikan pada tanggal 9 Desember 1985 berdasarkan Akta Notaris Sitske Limoa, SH Nomor 45 oleh tokoh Pejuang Angkatan 45 dan sesepuh Sulawesi Selatan yaitu Bapak Brigjen (Purn.TNI) Dr. H. Andi Sose. Untuk pertama kalinya fakultas ini menerima mahasiswa baru pada tahun ajaran 1986/1987 berdasarkan Surat Keputusan Koordinator Kopertis Wilayah IX No. 595 tanggal 13 Juni 1986, tentang Izin Operasional penyelenggaraan program studi dilingkungan Universitas 45 Makassar.

Terjadinya peralihan manajemen Universitas “45” dari Yayasan H. Andi Sose ke Yayasan H. Aksa Mahmud pada tanggal 17 Agustus 2013 berimplikasi kepada perubahan nama institusi dari Universitas 45 Makassar menjadi Universitas Bosowa, sehingga fakultas ini kemudian lebih dikenal dengan nama FISIP-UNIBOS.

Saat ini FISIP-UB menyelenggarakan 3(tiga) jurusan/program studi yang telah mendapatkan akreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) masing-masing dengan kategori Baik yaitu: (a) Ilmu Administrasi Negara, (b) Ilmu Sosiologi, dan (c) Ilmu Hubungan Internasional. Penyelenggaraan program studi Ilmu Administrasi Negara dan program studi Ilmu Sosiologi berdasarkan SK Dirjen Dikti Nomor 0798/0/1987 tanggal 15 Desember 1987. Sedangkan jurusan/program studi Ilmu Hubungan Internasional didirikan berdasarkan SK Dirjen Dikti Nomor 0102/0/1991 tanggal 4 Maret 1991.

Selanjutnya, FISIP-UNIBOS sedang memproses pembukaan jurusan/program studi Ilmu Komunikasi untuk memenuhi tuntutan kebutuhan dan tantangan perkembangan era tekhnologi informasi bagi instansi pemerintah maupun swasta. Jurusan/program studi Ilmu Komunikasi dibuka dengan beberapa konsentrasi, meliputi: (a) Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Pemasaran (Public Realtion dan Marketing Communication), (b) Jurnalisitik dan Media Berita (Journalism and News Media), (c) Media Elektornik dan Penyiaran (Digital Media and Broadcasting). Jurusan/program studi Ilmu Komunikasi tersebut direncanakan menerima mahasiswa baru dalam tahun akademik 2015-2016 yang akan datang.

Dalam sejarah perkembangan FISIP-UNIBOS, sejak tahun 1993 hingga saat ini telah menghasilkan lulusan sarjana (S1) sebanyak 1016 orang, yang meilputi: (a) Sarjana Administrasi Negara sebanyak 723 orang, (b) Sarjana Sosiologi sebanyak 146 orang, dan (c) Sarjana Hubungan Internasional sebanyak 147 orang. Sejumlah lulusan tersebut telah terserap dan mengabdi pada berbagai intansi pemerintah pusat dan daerah maupun pada lembaga swasta.

Berdasarkan Statuta Universitas Bosowa, secara kelembagaan FISIP-UNIBOS merupakan salah satu satuan kerja atau unit organisasi lini dilingkungan Universitas Bosowa yang berbentuk fakultas yang dipimpin oleh seorang Dekan dengan satu orang Wakil Dekan yang mengkoordinasikan keseluruhan proses kegiatan akademik, kemahasiswaan dan administrasi umum. FISIP-UNIBOS dilengkapi dengan perangkat organisasi dalam bentuk Bagian Tata Usaha yang dipimpin oleh seorang Kepala Bagaian Tata Usaha dan didukung sejumlah staf yang memiliki kompetensi umum dan keterampilan dibidang administrasi umum, akademik dan tekhnologi informasi. Selanjutnya, jurusan/program studi sebagai satuan pendidikan dalam bidang ilmu tertentu dipimpin oleh seorang Ketua Program studi, masing-masing: (a) Ketua Jurusan Ilmu Administrasi Negara, (b) Program Studi Ilmu Sosiologi, dan (c) Ketua Program Studi Jurusan Ilmu Hubungan Internasional, serta (d) Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi.

Staf Fakultas

Ketersediaan Sumber Daya Manusia pada FISIP-UB cukup memadai, baik dari segi kuantitas maupun dari segi kualitas. Khusus SDM Dosen, FISIP-UNIBOS memiliki sejumlah Dosen yang bekualifikasi pendidikan pada umumnya Magister dan Doktor, dan yang berkualifikasi jabatan akademik pada umumnya Lektor, Lektor Kepala dan Guru Besar.
Sejak berdirinya hingga saat ini, FISIP-UNIBOS telah dipimpin oleh beberapa Dekan, yaitu masing-masing:

Dr. Abdul Rahman Hasan, M.Si (Plt. Dekan 1986-1988)

Drs. H. Misbahuddin Achmad, M.Si (1988 – 1990)

Drs. H. Mohammad Thala, M.Si (1990 – 1993)

Dr. Guntur Karnaeni, M.Si (1993 – 1997) dan (1997 – 1999)

Dra. Hj. Aida Tallu Rahim, M.Si (1999 – 2002)

Dr. Syamsuddin, M.Si (2002 – 2003)

Dra. Asmirah, M.Si (2003 – 2007)

Dr. Syamsul Bachri, M.Si (2007 – 2010)

Dra. Hj. Juharni, M.Si (2010 – 2014) dan