Sarana

Sarana yang mencakup sarana perkantoran untuk pelayanan administrasi, dan sarana untuk kegiatan kemahasiswaan telah memadai. Hal itu terbukti dengan lancarnya pelayanan administrasi terhadap mahasiswa maupun terhadap dosen/kasyawan. Ketersediaan sarana di Fakultas untuk menjamin penyelenggaran program Tri Dharma yang bermutu tinggi saat ini sudah dipandang memadai, baik dari segi kecukupan ruang kelas, ketersediaan dan kewajaran daya tampung mahasiswa.

Fakulltas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik memiliki berbagai sarana untuk mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi, Setiap tuang kelas di sediakan LCD, AC dan komputer untuk mendukung Proses pembelajaran. Rasio ketersediaan sarana tersebut cukup baik untuk proses belajar mengajar. Fasislitas Internet untuk dosen dan mahasiswa baik di ruang kelas, ruang dosen dan di selasar setiap lantai, baik melalui jaringan hotspot maupun dengan jaringan kabel, fasilitas printer di setiap kluster ruang dosen dan laboratorium, agar dosen dapat bekerja dengan nyaman.

Sistem pengadaan sarana di Fakultas dapat menjamin keberlanjutan (sustainability), karena di dukung dana rutin. Sistem pengadaan sarana sangat memadai mendukung visi, misi dan tujuan fakultas. Untuk menjaga kualitas sarana yang sudah ada perlu pemeliharaan terhadap sarana sehingga penyelenggaraan program Tri dharma PT tidak terganggu. Hal ini di lakukan secara rutin baik oleh bagian perkuliahan dan bagian umum di tingkat fakultas.

Sarana yang cukup penting misalkan perpustakaan, untuk lebih meningkatkan minat baca mahasiswa dan dosen, terssedia fasilitas perpustakaan baik di tingkat fakultas maupun jurusan/program studi. Sampai saat ini upaya melengkapi literatur seperti diktat, buku pedoman, textbook dan jurnal ilmiah terus dilakukan. Program studi mempunyai akses yang luas ke perpustakaan fakultas sehingga pelaksanaan belajar mengajar berjalan dengan baik.

Aturan penggunaan sarana tergantung jenis sarana dan keberadaan sarana tersebut. Secara prinsip pengaturan secara detail berada pada masing masing program studi. Ada juga sarana yang di atur penggunaannya oleh fakultas, misalnya perpustakaan, ruang seminar atau pertemuan dan sarana pembelajaran rutin.

Untuk pengembangannya dalam lima tahun kedepan fakultas mengupayakan peningkatan SDM, pemeliharaan sarana yang ada, penambahan sarana sesuai dengan jumlah mahasiswa yang bertambah, dan peningkatan penggunaan sarana yang selama ini dimanfaatkan secara maksimal oleh civitas akademika.

Prasarana

Sistem pengadaan prasarana masing masing program studi berbeda-beda, namun secara umum dana tersebut sepenuhnya berasal dari dana rutin yayasan. Kecukupan prasarana yang di miliki fakultas dengan mutu baik dan dapat diakses oleh civitas akademik saat ini adalah:

  • 8 ruang kelas
  • Ruang dosen
  • Ruang laboratorium
  • Ruang sidang
  • Ruang auditorium
  • Ruang adminsitrasi
  • Ruang himpunan mahasiswa
  • Perpustakaan
  • Fasilitas kantin, fotocopi dan galeri ATM

Prasana yang dimiliki pada saat ini sangat memadai baik untuk semua program studi.

Untuk meningkatkan kinerja dosen dalam pelaksanaan tri darma perguruan tinggi perlu pengembangan prasarana, yang di usahakan oleh pimpinan fakultas bekerjasama dengan yayasan Aksa Mahmud.

Rencana penambahan prasarana yang akan di lakukan yayasan Aksa Mahmud sementara berjalan. Keberadaan prasarana khususnya yang digunakan oleh program studi sebahagian dalam proses renovasi ruang kelas. Rencana pengembangan lima tahun kedepan fakultas mengupayakan pengadaan prasarana yang menjadi standar kebutuhan tiap-tiap program studi khususnya prasarana yang menunjang proses belajar mengajar.

Kebutuhan prasarana pada masing-masing program studi berbeda-beda, namun secara umum bersumber dari yayasan dan bantuan hibah lainnya.

Rasio ketersediaan prasarana dengan dosen dan mahasiswa sangat baik untuk proses belajar mengajar, karena fakultas Isipol Unibos selalu memperhatikan system pengadaan prasarana program studi untuk mendukung pencapaian visi misi dan tujuan institusi.

Adapun kendala yang dihadapi dalam penambahan prasarana hampir tidak ada kendala yang berarti karena pengadaan dan perbaikan prasarana ditangani langsung oleh yayasan dan sementara berjalan seperti relokasi kantor pimpinan fakultas, jurusan dan ruang kelas.

Sistem Informasi

Universitas Bosowa telah menempatkan teknologi sistem informasi sebagai bagian dari rencana strategis universitas. Penataan infrastruktur teknologi sistem informasi menjadi agenda fundamental Badan Sistem Informasi. Seluruh area kampus dilengkapi dengan infrastruktur ICT (Information and Communication Technology). Setiap bagian sistem universitas akan terhubung ke Pusat Data Univeristas Bosowa baik melalui jaringan kabel maupun nirkabel (wireless) yang memungkinkan semua sistem terkoneksi ke intranet dan internet.

Fokus utama sistem informasi ini menerapkan sistem ICT for Learning and Education Management. Selain untuk mendukung sistem perkuliahan, ICT juga akan menjadi mainstream dalam pengelolaan sistem data universitas. Seluruh perkuliahan ditargetkan selain memiliki kelas nyata (real classroom) juga terdapat virtual classroom sebagai medium komunikasi data yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja (anytime-anywhere). Selain itu seluruh informasi manajerial universitas dapat diakses melalui sistem informasi akademik (SISMIK) bahkan diakses secara mobile. Badan sistem informasi didukung oleh divisi IT universitas  juga  akan mengembangkan sistem e-learning virtual classroom berbasis moodle and teleconference.

QUICKLINKS