Kurikulum di FISIPOL disesuaikan dengan standar KKNI 2013, dimana setiap program studi mengacu pada standar kompetensi lulusan yang disesuaikan dengan standar yang ditetapkan oleh Asosiasi masing-masing program studi.

Kurikulum di FISIPOL disusun berbasis kompetensi yang terdiri dari komponen kurikulum inti dan kurikulum institusional, yaitu:

  1. Kompetensi Pengembangan Kepribadian
  2. Kompetensi Keilmuan dan Keterampilan
  3. Kompetensi Keahlian Berkarya
  4. Kompetensi Perilaku Berkarya
  5. Kompetensi Berkehidupan Bermasyarakat

QUICKLINKS

Peranan Fakultas

1.  FASILITATOR

Pada Tahap Perencanan Kurikulum Fakultas berperan untuk mengawal agar arah yang ditempuh prodi selaras dengan apa yang telah menjadi visi dan misi fakultas dan universitas. Fakultas berperan ikut serta dalam memantau dan memfasilitasi penyelesaian konversi nilai yang dikoordinasikan oleh Wakil Dekan dan Bagian Tata Usaha.

Pada tahap Pelaksanaan Kurikulum: Fakultas berperan memantau pelaksanaan. Fakultas mewadahi pengembangan kurikulum yang telah disusun dengan mengadakan lokakarya fakultas yang diselenggarakan setiap tahun.

2.  ORGANISASI KEGIATAN

Pada tahap evaluasi kurikulum dimasing-masing program studi dievaluasi secara tahunan dan lima tahunan. Setiap tahun dalam lokakarya Fakultas Isipol, dibahas pelaksanaan dan Penyempurnaan Isi Kurikulum, sedangkan setiap empat tahun sekali, dibahas Penyempurnaan Bangun Kurikulum.

Fakultas melakukan koordinasi rutin dengan Program Studi, membentuk Tim Kurikulum, melakukan evaluasi terhadap hasil kerja Tim Kurikulum bersama Senat Fakultas Isipol. Fakultas mengagendakan sosialisasi hasil kerja Tim Kurikulum (pengelompokan mata kuliah, matrik kompetensi lulusan dan matrik tenaga pengajar) kesegenap dosen melalui lokakrya fakultas. Selanjutnya Fakultas menyampaikan kurikulum baru ke Universitas untuk mendapat Surat Keputusan Rektor dan menyiapkan aturan konversi nilai dan konversi nilai dari kurikulum lama ke kurikulum baru. Untuk mendukung operasional kurikulum baru Fakultas juga menyiapkan transkip nilai baru, buku pedoman akademik Universitas, buku pedoman akademik Fakultas dan perubahan terhadap sistem informasi akademik.

Fakultas berperan dalam kebijakan akademik, standar akademik dan peraturan akademik berkaitan dengan kurikulum baru saat operasional.

3.  BANTUAN DANA

Fakultas memberikan fasilitas wadah dan pendanaan dalam setiap kegiatan lokakarya kurikulum.

Secara garis besar, peranan Fakultas dalam penyusunan dan pengembangan Kurikulum masing-masing Prodi adalah sebagai berikut:

  • Fakultas memfasilitasi sarana, prasarana dan dukungan dana dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum masing-masing prodi.
  • Fakultas juga menyediakan ketersediaan peraturan dan SK terkait dengan evaluasi dan pengembangan kurikulum masing-masing prodi.
  • Ketersediaan basis data mahasiswa terkait dengan rencana studi, hasil nilai dan lama studi.
  • Memfasilitasi pelatihan pembuatan Silabus Mata Kuliah dan SAP berbasis kompetensi, pelatihan e-learning (Moodle) untuk dosen, serta pengembangan metode pembelajaran bekerja sama dengan Unit Penjaminan Mutu.