Sistem rekrutmen dan seleksi dosen serta tenaga pendukung pada dasarnya menganut prinsip-prinsip manajemen sumber daya manusia yang dilakukan di bawah koordinasi langsung pimpinan Yayasan Andi Sose dengan  pimpinan Universitas 45, namun dalam penentuan pengusulan calon dosen diserahkan kepada pihak jurusan/program studi berdasarkan pada analisis kebutuhan. Selanjutnya mekanisme seleksi diselenggarakan dengan melibatkan pihak universitas, fakultas, dan program studi. Hasil seleksi selanjutnya diserahkan ke pihak yayasan untuk kemudian diterbitkan SK yayasan.

Perekrutan dosen dan tenaga pengajar secara berkala sesuai dengan rencana pengembangan jurusan yang telah dibuat. Sedangkan rencana untuk pemanfaatan tenaga dosen antara lain mendorong dosen agar terus meningkatkan keilmuannya dengan cara studi lanjut, berpartisipasi dalam kegiatan penelitian dan seminar nasional maupun internasional serta aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat, agar keberadaannya dirasakan langsung oleh masyarakat.

Sementar kebijakan pengembangan staf untuk non-edukatif dilakukan berdasarkan skala prioritas yang disesuaikan dengan  kebutuhan, karena kebijakan tersebut terkait dengan  cash flow  dan  ditetapkan dalam  rencana  anggaran  belanja Universitas  45 setiap  tahunnya.