Layanan Mahasiswa

BIMBINGAN & KONSELING

Kegiatan Bimbingan Tutorial Akademik / Pelaksanaannya: diperuntukkan kepada setiap mahasiswa dengan menugaskan setiap dosen untuk  bertindak sebagai Penasehat Akademik (PA).  Untuk efektifitas pemberian pelayanan akademik (tutorial) tersebut setiap dosen menjadwalkan hari khusus untuk pelayanan akademik kepada mahasiswa. PA memantau perkembangan akademik anak didiknya melalui buku pantauan akademik yang dimiliki oleh setiap mahasiswa yang dipegang oleh PA. Penugasan dosen sebagai penasehat akademik ditetapkan dalam Surat Keputusan Dekan dan  berlaku hingga anak didiknya lulus / Dan hasilnya : kondisi akademik mahasiswa terpantau, mahasiswa yang memiliki akademik rendah dapat diarahkan untuk bimbingan mendapatkan bimbingan khusus.

Kegiatan konseling pribadi maupun sosial / pelaksanaan : secara khusus dilakukan dilingkungan Program Studi Ilmu Sosiologi, bahkan hinga di tingkat fakultas dan universitas, namun disadari pelayanan seperti ini belum melembaga. Hanya saja, bagi mahasiswa yang membutuhkan konsultasi pribadi dan sosial, biasanya dipersilahkan untuk menghubungi dan berkonsultasi dengan  penasehat akademik masing-masing.

MINAT DAN BAKAT (EKSTRA KURIKULER)

  1. Kegiatan Kewirausahaan /melalui Sosiologi Corner yaitu istilah kegiatan “fund rising” mahasiswa dalam wujud pengadaan cafe mini, penjualan kalender dan souvenir HIMASOS lainnya / mahasiswa dapat mengimplementasikan misi program studi pembelajaran kewirausahaan, disamping itu dana yang didapatkan digunakan untuk membantu kegiatan-kegiatan kemahasiswaan.
  2. Bidang kesenian / beberapa mahasiswa tergabung dalam sanggar seni kaki lima komisariat jurusan dengan berbagai aktifitas didalamnya diantaranya musik band, menari/ hasilnya kegiatan ini menjadi ajang aktualisasi minat dan bakat mahasiswa dan  telah melakukan pementasan baik di dalam maupun di luar kampus.

PEMBINAAN SOFT SKILLS

Kegiatan LDK / pengkaderan mahasiswa dilakukan di dalam atau di luar kampus / hasilnya mahasiswa diharapkan memiliki kedisiplinan, jiwa kepemimpinan dan kritis.

BEASISWA

Beberapa jenis-jenis beasiswa yang ditawarkan kepada mahasiswa yaitu:

  • PPA : Penunjang Prestasi Akademik
  • BBB : Beasiswa Bantuan Belajar
  • BKM: Bantuan Khusus Mahasiswa
  • Pertamina
  • Beasiswa Yayasan Andi Sose
  • Beasiswa Mandiri
  • Beasiswa Bidik Misi

KESEHATAN

Donor Darah, Sunatan Massal / bekerjasama dengan PMI, KODAM VII Wirabuana hasilnya melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian mahasiswa terhadap sesama.