SELEKSI/PEREKRUTAN

Sistem rekruitmen dan seleksi dosen serta tenaga pendukung pada dasarnya menganut prinsip-prinsip manajemen sumber daya manusia yang dilakukan di bawah koordinasi langsung pimpinan Yayasan Aksa Mahmud melalui Human Resources Departement (HRD) Bosowa Foundation dengan pemimpin Universitas Bosowa Makassar dengan mengacu pada Standard Operation Procedure Rekruitmen dan Seleksi.

Namun dalam penentuan pengusulan calon dosen diserahkan kepada pihak jurusan/program studi berdasarkan pada analisis kebutuhan. Pada tahapan seleksi administratif, para calon harus memenuhi syarat linearitas Studi S1 dan S2, IPK Minimal 3,00 dan Skor Toefl minimal 450. Setelah itu, calon dosen harus mengikuti Tes Kemampuan Kemampuan Bidang secara tertulis.

Selain tes tertulis calon dosen juga harus menempuh ujian Kemampuan Bahasa Inggris dan Ujian Psikotest dan setelah di nyatakan lulus psikotes calon dosen akan dipanggil untuk mengikuti wawancara dan tes kemampuan mengajar (micro teaching) yang disiapkan dan diperiksa oleh pihak Departemen Human Resources Bosowa Foundation bersama pihak Jurusan/Prodi dan Fakultas.

Perekrutan dosen secara berkala sesuai dengan rencana pengembangan jurusan yang telah dibuat. Sedangkan rencana untuk pemanfaatan tenaga dosen antara lain mendorong dosen agar terus meningkatkan keilmuannya dengan cara studi lanjut, berpartisipasi dalam kegiatan penelitian dan seminar nasional maupun internasional serta aktif dalam kegiatan pengabdian masyarakat, agar keberadaannya dirasakan langsung oleh masyarakat.

Adapun Rekruitmen tenaga kependidikan dilakukan dengan mempertimbangkan penguasaan keahlian dasar yang dibutuhkan untuk menunjang tugas-tugas administrasi, seperti keahlian di bidang komputer, administrasi perguruan tinggi, dan sebagainya.

Rekrutmen dilakukan berdasarkan kebutuhan ketatausahaan yang meliputi sub bagian pendidikan, sub bagian kepegawaian dan keuangan, sub bagian umum dan perlengkapan, serta sub bagian kemahasiswaan. Pada proses rekruitmen tenaga kependidikan, pihak jurusan memberi usulan jumlah dan kualifikasi tenaga kependidikan yang dibutuhkan.

PENEMPATAN

Menurut peraturan Rektor tentang Dosen dan tenaga Kependidikan Universitas 45/Universitas Bosowa dan berdasarkan SOP HRD Yayasan Aksa Mahmud, setiap dosen baru akan tetap berada pada Unit/Fakultas sesuai bidang keilmuannya, dosen akan ditugaskan mengampu mata kuliah berdasarkan bidang keahlian dan minat kajian masing-masing.

Guna membekali keterampilan yang berkaitan dengan pembelajaran, calon dosen yang dinyatakan lulus dan diangkat sebagai dosen akan di ikut sertakan dalam pelatihan peningkatan keterampilan instruksional seperti AA dan Pekerti sedangkan untuk tenaga kependidikan di mungkinkan adanya perpindahan Unit/ Fakultas sebagai bagian dari proses rotasi, promosi dan mutasi untuk penyegaran dan pengembangan karier serta untuk kepentingan kedinasan. Bagi tenaga kependidikan baru masa orientasi adalah minimal 3 (bulan) dan maksimal 1 (satu tahun).

Sementara bagi dosen baru harus mengikuti masa orientasi minimal 1 (satu) tahun dan maksimal 2 (dua) tahun bila memenuhi persyaratan untuk pengangkatan dosen tetap.

PENGEMBANGAN KARIR

Pengembangan bagi dosen dan tenaga kependidikan tercantum dalam Rencana Strategis (Renstra) Universitas Bosowa Makassar. Pengembangan di lakukan melalui perencanaan program pengiriman dosen untuk mengikuti pelatihan dan seminar.

Sementara kebijakan pengembangan bagi tenaga kependidikan dilakukan berdasarkan skala prioritas yang disesuaikan dengan kebutuhan, karena kebijakan tersebut terkait dengan cash flow dan ditetapkan dalam rencana anggaran belanja Universitas Bosowa setiap tahunnya.

Peningkatan kualitas sumber daya manusia yang dilakukan oleh Prodi Administrasi Negara adalah dengan menerapkan sistem pengembangan profesi. Jurusan juga aktif menggelar dan mengirimkan dosen untuk mengikuti seminar, workshop dan pertemuan-pertemuan asosiasi keilmuan.

RETENSI

Peningkatan kesejahteraan pegawai, pengembangan dan aktualisasi diri serta iklim dan suasana hubungan organisasi yang baik di atur dalam perturan akademik serta berbagai surat keputusan yang mengatur pelaksanaannya.

Wujud dari perhatian Yayasan Aksa Mahmud terhadap dosen dan tenaga kependidikan adalah dengan pemberian tunjangan, gaji pokok, kenaikan gaji berkala sesuai masa kerja, uang lembur dan tunjangan kelebihan beban mengajar, BPJS kesehatan dan Ketenagakerjaan dan lain sebagainya.

PEMBERHENTIAN

Pedoman pemberhentian dosen dan tenaga kependidikan di atur dalam peraturan Rektor yang mengatur tentang pemberhentian pegawai dimana seorang pegawai dapat di berhentikan dengan hormat atau tidak dengan terhormat melalui beberapa mekanisme seperti teguran lisan, teguran tertulis, skorsing sampai pada pemberhentian. Ketentuan tentang pemberhentian pegawai yang memasuki usia pensiun di atur dalam peraturan akademik. Dalam peraturan tersebut diatur batas usia pensiun dosen dan tenaga kependidikan dan mekanisme pelaksanaan pensiun.