Pedoman Monitoring & Evaluasi

Sistem monitoring dan evaluasi kinerja dosen di Prodi Administrasi Negara Universitas Bosowa Makassar mengacu pada Peraturan Akademik Universitas 45 Nomor 974/01/U-45/XII/2014 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran dan Peraturan Rektor Universitas 45 Nomor 976/01/U-45/XII/2014 tentang mekanisme penilaian Dosen dan Tenaga Kependidikan.

Sistem Monitoring dan evaluasi terhadap kinerja dosen dan tenaga kependidikan dilaksanakan oleh Tim Jaminan Mutu berkordinasi dengan Tim Yayasan Aksa Mahmud. Terkait kinerja dosen, Tim Jaminan Mutu dan Tim Yayasan Aksa Mahmud melakukan Monitoring dan Evaluasi secara berlapis.

Terhadap Kinerja Dosen, di bidang Pengajaran terdapat pantauan Dosen di Fakultas yang akan dicocokkan dengan data Tim Penjaminan Mutu, monitoring yang dilaksanakan secara door to door yang dilakukan oleh Tim Jaminan Mutu Universitas akan di laporkan pula ke Universitas dan Yayasan Aksa Mahmud. Kemudian di bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Dosen Rutin melaporkan Beban Kerja Dosen (BKD) tiap Akhir Semester mengenai Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat yang telah dilakukan. BKD tersebut di laporkan ke tingkat Universitas dan ke Yayasan Aksa Mahmud.

Untuk penilaian terhadap Tenaga Kependidikan di nilai oleh atasan langsung Biro Masing-masing sesuai dengan Form Penialain Kinerja Tenaga Kependidikan dari Tim Penjaminan Mutu. Selain itu juga dibagikan angket kepada mahasiswa untuk menilai kinerja Tenaga Kependidikan selama memberikan pelayanan kepada mahasiswa, diisi oleh mahasiswa di akhir perkuliahan.

Pelaksanaan Monitoring & Evaluasi

PENDIDIKAN

  • Monitoring penyelenggaraan pembelajaran meliputi: presensi mahasiswa dan dosen dalam pembelajaran, ketaatan pada RPS, rekaman tugas-tugas mahasiswa, dan ketepatan pelaporan nilai hasil belajar terus di monitoring.
  • Monitoring kehadiran dosen setiap hari melalui pantauan kehadiran dosen oleh Unit Penjaminan Mutu fakultas.
  • Monitoring dan kegiatan pembelajaran melalui Berita Acara perkuliahan.
  • Pengisian formulir Badan Kinerja Dosen (BKD) oleh setiap dosen yang wajib dilakukan di setiap akhir semester untuk melihat proporsionalitas kegiatan dosen selama 1 Semester yang meliputi Tridharma Perguruan Tinggi (Pendidikan, Penelitian, Pengabdian Kepada Mayarakat) dan kegiatan penunjang lain misalnya aktif menjadi kepanitiaan dalam seminar dan menjadi narasumber.
  • Rekapitulasi Kehadiran Dosen setiap bulan yang dilakukan oleh Tim Jaminan Mutu Universitas yang Kemudian dilaporkan kepada Wakil Rektor I dan Yayasan Aksa Mahmud untuk selanjutnya dievaluasi.
  • kinerja dosen pengampu pada saat akhir kuliah. Hal tersebut ditindak lanjuti oleh dosen program studi dengan merevisi metode dan materi perkualiahan seperti merevisi SAP dan RPS serta bahan ajar. Kemudian membahas tentang perkembangan prestasi akademik mahasiswa sebagai bahan masukan khususnya untuk dosen pembimbing akademik (PA).
    Adapun mekanismenya sebagai berikut:

Bukti tentang kinerja dosen dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat dapat dirujuk pada dokumen Beban Kerja Dosen (BKD), evaluasi beban kerja dosen bagi dosen yang telah sertifikasi, laporan karya ilmiah dosen, laporan pengabdian masyarakat, ekuivalensi waktu mengajar dosen dan berbagai jenis laporan monitoring evaluasi kinerja dosen. Secara berkala juga dilakukan monitoring dan evaluasi terhadap pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, selain itu juga dilakukan monitoring dan evaluasi tenaga kependidikan agar ada perbaikan dalam tugas-tugas Tridharma Perguruan Tinggi.

Sistem monitoring dan evaluasi proses pendidikan dengan menggunakan instrument berupa pantauan mengajar yang wajib diisi oleh dosen usai memberi kuliah pada semua kelas di Prodi Administrasi Negara. Selain itu monitoring juga di lakukan oleh Tim pemantau dari Yayasan dan Universitas yang bertugas memantau proses belajar mengajar pada jam kuliah. Dosen yang sedang mengajar di wajibkan untuk menandatangani buku pantauan yang di bawa oleh tim pemantau sebagai bukti mengajar.

Pantauan mengajar berisi Informasi antara lain tentang hari/tanggal, materi kuliah, sub bahasan, nama dosen, tanda tangan dosen, tanda tangan petugas monitoring; dan selain itu absen kehadiran mahasiswa yang juga berisi kolom tanda tangan dosen untuk setiap pertemuan. Instrumen monitoring dosen ini dilaporkan ke Tim Jaminan Mutu Fakultas setiap hari yang kemudian akan di rekap ke tim jaminan mutu universitas untuk di laporkan ke WR I dan yayasan setiap bulan sebagai laporan monitoring dan evaluasi.

Bagi dosen yang tingkat kehadirannya kurang memenuhi kehadiran minimum yang diwajibkan oleh fakultas, maka pihak fakultas atau program studi memberitahukan secara tertulis dan atau lisan untuk mengganti jam perkuliahan pada waktu lain yang diberikan sebelum pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS), dan Ujian Akhir Semester (UAS).

Mekanisme ini berjalan efektif yang didukung oleh daftar hadir dosen sebagai persyaratan pelaksanaan UTS dengan pertemuan minimal 6 (enam) kali tatap muka dan UAS minimal 13 kali tatap muka untuk mahasiswa dan bagi dosen harus memenuhi 14 kali tatap muka di luar UTS dan UAS, untuk setiap mata kuliah yang akan diujikan.

Evaluasi BKD mencakup penilaian kinerja dosen dalam proses pembelajaran perkuliahan apakah ada kesesuaian dengan SAP yang disampaikan diawal perkuliahan, apakah dosen mengajar dengan metode yang efektif dengan memberi contoh konkrit, komunikatif, memotivasi mahasiswa, mekanisme penilaian yang obyektif, menggunakan sarana teknologi, memberikan pesan moral dan etika, materi perkuliahan sesuai perkembangan ilmu pengetahuan, begitu pula pemberian tugas sesuai dengan RPS hingga apakah dosen menyediakan waktu diluar kelas.

Adapun penilaian kinerja dosen pembimbing akademik antara lain terkait bagaimana pemilihan mata kuliah dan pengisian KRS, memberikan wawasan tentang topik skripsi dan memberikan solusi apabila ada kendala akademik bahkan non akademik yang dihadapi mahasiswa sehingga diharapkan selama perkuliahan mahasiswa mampu menjalani dengan baik. Dari segi praktikum, kegiatannya dilaksanakan sesuai SAP, fasilitas praktikum sesuai kebutuhan, dosen membimbing dan menguasai materi praktikum serta evaluasi praktikum secara transparan.

Adapun terkait pembimbingan skripsi, dosen memotivasi dan membimbing mahasiswa dalam penyelesaian skripsi dengan menggunakan referensi yang relevan seperti bersumber dari jurnal ilmiah, buku dan proceeding. Selain itu, dosen pembimbing juga mengarahkan penulisan skripsi sesuai pedoman dan menyediakan waktu untuk konsultasi serta penilaian secara obyektif.

PENELITIAN

Monitoring dan evaluasi dilakukan oleh reviewer internal maupun eksternal yang dilakukan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bosowa Makassar. Reviewer internal dari Universitas Bosowa sedangkan reviewer eksternal berasal dari luar Universitas Bosowa. Berbagai aspek yang menjadi perhatian dalam proses monitoring meliputi: kesesuaian penelitian dengan bidang keilmuan, roadmap penelitian, kemajuan pelaksanaan, penggunaan dana dan hasil dari penelitian sebagai bentuk laporan akhir penelitian, di samping itu termasuk perihal keterlibatan mahasiswa dalam pelaksanaan penelitian tersebut.

PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT

Adapun yang terkait dengan monitoring dan evaluasi terhadap kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Bosowa menyangkut kemanfaatannya bagi masyarakat, penggunaan dana, dan keterlibatan mahasiswa dalam pelaksanaannya dalam kegiatan tersebut. Tenaga kependidikan diawasi kinerjanya oleh pimpinan unit masing-masing agar dapat menjalankan tugas sesuai standar operation procedure, tugas pokok dan fungsinya masing-masing.