Program Studi Administrasi Negara Universitas Bosowa dipimpin oleh Ketua Program Studi (Kaprodi). Demi pencapaian visi, misi, serta pencapaian sasaran dan tujuan Prodi Administrasi negara, dibutuhkan kepemimpinan (Leadership) yang handal dengan mengikuti pola kepemimpinan tertentu.

1. Kepemimpinan Operasional

Kepemimpinan operasional merupakan kemampuan pemimpin dalam menjabarkan dan melaksanakan visi, misi ke dalam kegiatan-kegiatan operasional.

Kepemimpinan operasional ditunjukkan dengan interaksi pemimpin dengan anggotanya dalam memberikan arahan serta berbagai kegiatan-kegiatan lainnya untuk mendukung tercapainya visi dan misi program studi.

Secara umum tugas pokok Ketua Program Studi adalah memimpin dan mengkoordinasikan penyiapan bahan pendidikan dan pengelolaan serta mengelola program kerja, mengevaluasi dan memberi petunjuk pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan dosen di lingkungan Jurusan Ilmu Administrasi berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas.

Kepemimpinan Operasional yang dilakukan oleh Ketua Prodi tercermin dari tindakan dan koordinasi yang dilakukan dalam menjalankan tugas keseharian guna memenuhi tuntutan Tridharma Perguruan tinggi dilaksanakn dengan sangat baik.

Setiap informasi yang turun dari Universitas ke Fakultas dan Program Studi selalu di informasikan sesegera mungkin oleh para Dosen, Baik itu secara formal melalui persuratan ataupun sifatnya informal dengan SMS atau Telepon ataupun secara langsung.

Semua persuratan jika ada kegiatan di Tingkat Prodi selalu terlaksana dan dikoordinasikan dengan staf akademik dengan sangat cepat.
Selain itu, dalam Pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi, Ketua Prodi Administrasi Negara juga aktif sebagai Pendamping Lapang KKN PPM – KWU Angkatan V Tahun 2012-2013, berdasarkan SK Nomor: 045/LPPMU/U-45/IX/2012, dan Pendamping Lapang KKN PPM – KWU Angkatan VI Tahun 2013-2014, berdasarkan SK Nomor: 023/LPPMU/U-45?VII/2013.

2. Kepemimpinan Organisasi

Kepemimpinan organisasi diartikan sebagai pengelolaan organisasi secara struktural baik secara internal maupun external (Ketua Program Studi dengan staf pengajar) maupun secara eksternal (antar bagian, institusi, baik dalam maupun luar universitas).

Kepemimpinan organisasi yang dilakukan oleh Ketua Prodi secara internal dilakukan dengan mengorganisasikan berbagai tugas masing-masing Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam program studi sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Fungsi-fungsi ini dikoordinasikan agar dapat saling mengisi dan mendukung sehingga kemungkinan-kemungkinan konflik dapat terkelola dengan baik serta mampu meningkatkan kinerja organisasi.

Dalam kepemimpinan organisasi terdapat pola hubungan kerja yang dikembangkan antara program studi dengan fakultas, yaitu dengan adanya koordinasi antara ketua program studi dengan Dekan terkait dengan perencanaan, perumusan pengembangan keilmuan, implementasi program-program dan kebijakan Universitas, misalnya dalam pelaporan penggunaan anggaran, pelaporan kinerja serta berbagai persoalan lainnya yang berhubungan dengan pengembangan program studi.

3. Kepemimpinan Publik

Dalam melakukan aktivitas ketua program studi selalu menjalin hubungan dan kerjasama dengan berbagai institusi untuk meningkatkan kualitas Tridhharma Perguruan Tinggi. Ketua Program Studi Administrasi Negara Aktif dalam Kegiatan Kemasyarakatan antara lain sebagai berikut:

  • Sekretaris Tim Tinjauan Partisipasif Susunan Tim Tinjauan Partisipasif (TP) di BKM Juang Kel. La’latang Kec. Tallo Kota Makassar berdasarkan Surat Keputusan No. 014/BKMJ-TP/VII/2015.
  • Ketua Tim Investigasi Dana Bergulir BKM Juang Susunan Tim Investigasi Dana Bergulir BKM Juang berdasarkan Surat Keputusan No. 017/NKM-TP/X/2014.
  • Aktif berpartisipasi sebagai Anggota KPPS dalam Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD Tahun 2014 dan/atau Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014. Keaktifan Ketua Prodi di PEMILU diapresiasi oleh Ketua KPU RI Husni Kamil Malik dibuktikan oleh Piagam yang diberikan kepada Ketua Prodi di Jakarta tanggal 14 Oktober 2014
  • Aktif berpartisipasi dalam rangka menyukseskan Penyelenggaraan Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD, dan DPRD serta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2009 dan diapresiasi oleh Ketua KPU RI Husni Kamik Manik dibuktikan oleh Piagam yang diberika kepada Ketua Prodi di Jakarta tanggal 21 Oktober 2009.
  • Panitia Pemungutan Suara Pemilihan Anggota Legislatif DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Prov, DPR dan DPD Tahun 2009 Kelurahan La’latang Kec. Tallo, berdasarakan SK Panitia Pemungutan Suara Nomor: 003/SK-PPS-LLT/III/09.
  • Panitia Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Tahun 2013 Kelurahan La’latang Kec. Tallo, berdasarakan SK Panitia Pemungutan Suara Nomor: 020/Pilgub/kpts/PPS-LLT/Tahun 2012.
  • Panitia Pemungutan Suara Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Makassar Tahun 2013 Kelurahan La’latang Kec. Tallo, berdasarakan SK Panitia Pemungutan Suara Nomor: 013/Pilwalkot/kpts/PPS-LLT/Tahun 2013.
  • Selaku Pengurus Komite SMK Negeri 5 Makassar Periode 2009-2013 berdasarkan SK Nomor: 800/518/SMK 5/X/2009.
  • Aktif dalam Asosiasi Ilmu Administrasi Negara/Publik Indonesia (IAPA), misalnya menjadi Panitia dalam Seminar nasional dan Konferensi Negara/Publik IV Tahun 2011, serta menjadi Pengurus IAPA wilayah Sul-Sel an Maluku Periode 2010-2013.
  • Sebagai Pengurus Badan Penggerak Pembina Potensi Angkatan Muda 45 berdasarkan SK Nomor: 004/DHD-45/SS/X/2012.
  • Perpartisipasi selaku Panitia dalam Hari Pendidikan Nasional RI di Lingkungan Kopertis Wilayah IX Sulawesi, berdasarkan SK Koordinator Wilayah IX Sulawesi Nomor: 120 Tahun 2012 tanggal 13 April 2012.