Himpunan Alumni Ilmu Administrasi Negara

IKATAN ALUMNI

Alumni Program Studi Administrasi Negara yang ada tergabung dengan Ikatan Alumni Administrasi Negara Universitas Bosowa yang diketuai oleh H. Andi Badi Sommeng, M.Si.

Pergantian dan pemilihan ketua IKA Alumni Administrasi Negara Universitas Bosowa dilakukan melalui musyawarah IKA Administrasi Negara dalam satu periode kepengurusan (satu periode kepengurusan selama 3 tahun) yang dihadiri oleh Alumni dari seluruh Angkatan. Informasi pelaksanaan musyawarah IKA disebarkan melalui jejaring media sosial, informasi Alumni.

Bentuk partisipasi Alumni Program Studi Administrasi Negara telah menunjukkan partisipasinya yang baik dalam bidang akademik dan non akademik.

PARTISIPASI ALUMNI DALAM MENDUKUNG PENGEMBANGAN AKADEMIK PROGRAM STUDI

Partisipasi Alumni dalam mendukung Pengembangan Akademik Program Studi, Alumni memberikan masukan kepada Program Studi tentang pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja, dan hal ini digunakan sebagai salah satu dasar pembaharuan kurikulum. Alumni juga diikutkan dalam berbagai kegiatan ilmiah yang dilaksanakan oleh program studi. Bentuk Partisipasi Alumni adalah sebagai berikut:

  1. Sumbangan Dana

Keterlibatan Alumni dalam tiap kegiatan masih rutin dilakukan, misalnya dalam kegiatan Dialog Akademik, Penerimaan Mahasiswa baru. Dalam berbagai pertemuan, sebagai wujud Partisipasi Alumni dalam penyelenggaraan pendidikan di bidang Akademik, Alumni selalu memberikan Sumbangan dana untuk Pelaksanaan Kegiatan Akademik, terutama yang berkaitan dengan Kegiatan Kemahasiswaa.

  1. Sumbangan Fasilitas

Selama ini Alumni telah memberikan berbagai sumbangan Fasilitas, misalnya sumbangan Buku Cetak, Infokus, AC, maupun Printer.

  1. Keterlibatan Alumni dalam Kegiatan Akademik.

Dalam kegiatan akademik, alumni berpartisipasi dalam memberikan Kuliah Umum ataupun memberikan testimoni kepada mahasiswa baru, sebagai bentuk motivasi kepada mahasiswa baru agar dapat lebih meningkatkan prestasi selama mengenyam pendidikan di bangku kuliah.

  1. Pengembangan Jejaring

Dengan komunikasi yang terjalin baik memberikan ruang bagi Dosen dan Mahasiswa untuk membuka jaringan seluas-luasnya dengan pihak alumni yang telah sukses.

Jaringan yang terbentuk mempermudah Program Studi, Dosen dan Mahasiswa untuk mendapatkan informasi tentang:

  • Info lowongan pekerjaan.
  • Isu-Isu Kebijakan terbaru untuk tema-tema Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat.
  • Kerjasama antara Instansi tempat bekerja dengan Program Studi.
  • Saran untuk Perbaikan Mutu Pendidikan.
  • Penyediaan Fasilitas untuk Kegiatan Akademik.

Dalam Penyediaan Fasilitas untuk Kegiatan Akademik Alumni berpartipasi untuk menyediakan ruangan dan memfasilitasi Dosen bertemu dengan Objek yang dijadikan Sampel Penelitian ketika ada alumni yang berada di lingkungan Locus Penelitian Dosen yang bersangkutan.

PARTISIPASI ALUMNI DALAM MENDUKUNG PENGEMBANGAN NON AKADEMIK PROGRAM STUDI 

Partisipasi Alumni dalam mendukung Pengembangan Non Akademik Program Studi dapat membantu dan meningkatkan kualitas kegiatan Non akademik. Alumni memberikan partisipasi dalam bentuk sebagai berikut:

  1. Sumbangan Dana.

Beberapa Alumni sering memberikan Sumbangan Bantuan Dana ketika berkunjung Ke Program Studi, Alumni sejauh ini rutin terlibat dalam kegiatan Non Akademik. Misalnya dalam Kegiatan Dies Natalis Kampus, alumni yang terlibat dalam tiap kegiatan selalu memberikan kontribusinya dalam bentuk Sumbangan Dana. Jumlah yang di berikan tidak ditentukan tergantung atas dasar Sukarela Alumni.

 

  1. Sumbangan Fasilitas.

Dalam bentuk sumbangan fasilitas, alumni juga sering berpartisipasi. Misalnya saja dalam Kegiatan Dies Natalis 2014 Program Studi mendapat sumbangan Fasilitas berupa baju kaos sebanyak 20 Lembar yang diberikan oleh Alumni.

  1. Keterlibatan Alumni dalam Kegiatan Non Akademik.

Setiap Tahun selalu di adakan Penyambutan bagi mahasiswa Baru, Alumni yang berhasil selalu di undang untuk memberikan Testimoni kepada mahasiswa baru. Selain itu, setiap tahun juga selalu diadakan Dies Natalis Universitas Bosowa alumni juga selalu terlibat dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan yang sering diikuti anatar lain seperti:

  • Lomba Bola Volly (Putra dan Putri)
  • Futsal
  • Taris Tambang
  • Gerak Jalan Cepat
  • Pengembangan Jejaring.

Dalam pengembangan jaringan, alumni berpartisipasi sebagai fasilitator atau penyambung informasi terhadap peluang-peluang kerja di tempat kerja masing-masing alumni. Dengan terjalinnya jaringan antara alumni, dosen dan mahasiswa maka dengan cepat isu-isu kebijakan baru lebih cepat tersampaikan.

  1. Penyediaan Fasilits dalam Kegiatan Non Akademik.

Partisipasi Alumni dalam Penyediaan Fasilitas untuk Kegiatan Non Akademik misalnya penyediaan sarana olahraga. Dalam waktu senggang alumni sering (minimal sekali dalam satu semester) mengajak dosen dan mahasiswa untuk bermain futsal. Kegiatan ini dapat lebih mempererat hubungan yang terbina antara dosen, mahasiswa dan alumni.

Alumni Ilmu Administrasi Negara IN NUMBER

WAKTU TUNGGU LULUSAN DALAM MENDAPATKAN PEKERJAAN PERTAMA

3 BULAN

PERSENTASE LULUSAN BEKERJA PADA BIDANG KEAHLIAN YANG SESUAI

80%